Kering Tempe dan Kentang Alternatif Lauk Bulan Ramadan

Kering tempe kentang

Sebentar lagi bulan Ramadan. Bulan suci Ramadan bagi penggiat usaha kuliner, biasanya jadi peluang membuat aneka jajanan takjil, roti kering untuk persiapan lebaran, atau lauk frozen dan lauk tahan lama. Salah satu lauk yang tahan lama yaitu kering tempe. Bagi masyarakat Sidoarjo, kering tempe disebut sambel goreng kering tempe. 

Awal menetap di Sidoarjo, Saya kurang paham dengan sebutan sambel goreng kering. Saat bulan puasa Saya titip tetangga beli sambel goreng, tapi kok  kering tempe kriuk-kriuk. Walau tak sesuai dengan keinginan, tetep Saya terima. Dan menjelaskan sambel goreng yang Saya maksudkan. Tetangga hanya tertawa lepas sambil bilang, lhoala Bu, ngapunten beda ya . Sambel goreng yang Saya maksud, sambel goreng kentang basah pakai hati ayam atau kreni seperti di Solo. Malah dapatnya kering tempe. wis gak popo tetep enak buat buka atau sahur menemani nasi hangat.

Peluang lauk dalam kemasan yang tahan lama sekarang ini semakin meningkat karena adanya pandemi. Salah satu yang menangkap peluang usaha sambel kering tempe di Sidoarjo adalah Mbak Djoemy.

Beliau memulai usaha sambel kering tempe sejak tahun 2018. Selain itu, Mbak Djoemy  menerima pesanan nasi kotak atau catering. Sambel goreng kering tempe merupakan alternatif pilihan lauk matengan yang menjanjikan. Berawal dari modal enam ratus ribu, hanya dikerjakan sendiri, sekarang sudah mempunyai karyawan 1 orang untuk jadi asistennya.

Apa sih sambel goreng kering tempe itu ?

Sambel goreng kering tempe merupakan olah tempe yang diiris tipis, digoreng kering dan dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabe merah, garam dan gula. Dan bisa juga divariasikan dengan tambahan kentang goreng tipis-tipis, teri atau kacang tanah.

Mbak Djoemy memilih sambel goreng kering tempe karena tempe merupakan salah satu yang digemari masyarakat, mudah didapat dan harganya pun terjangkau. Cara pengolahannya pun tidak begitu rumit.

Kemasan dan Variasi Sambel Goreng Kering Mbak Djoemy

Sambel goreng kering bikinan Mbak Djoemy dikemas dengan kotak plastik kedap udara. Dengan stiker di depan, serta tertera tanggal kadaluwarsanya. Pemberian label, alngkah lebih baik dicantumkan media social misalnya Instagram atau Fb yang bisa dihubungi agar pembeli kalau ingin memesan lagi tidak akan susah mencari.

Ada 3 varian yaitu :

- Sambel goreng ering tempe netto 250 gr

- Sambel goreng kering kentang netto 150 gr

- Sambel goreng kering tempe mix kentang netto 250 gr.

Menurut Saya jika sambel goreng tempe ini dikemas memakai plastik berklip beraluminium foil akan lebih cantik dan mengurangi resiko pecah dalam pengiriman melalui ekspedisi.

Sambel kering tempe mix kentang ini tahan selama 2 bulan di suhu ruang. Jadi cocok banget buat persediaan sahur .

Selain itu, sambel kering tempe ini juga cocok buat buah tangan buat kerabat atau teman. Bahkan bisa dikemas sebagai hantaran lebaran.

Harga per peck Rp 20.000,00 

Review Sambel Goreng Kering tempe mix kentang

Saya dapat kiriman paket sambel goreng kering tempe mix kentang 2 pack. Cocok banget sebagai pendamping nasi hangat. Bisa juga idpadukan dengan nasi kuning atau nasi uduk. 

Makan nasi hangat,sayur pecel lauknya sambel kering tempe kentang perpaduan pas.  Langsung lep habis. Rasa kering tempe dan kentang renyah, gurih, manis dan pedasnya pas. Pedasnya sedang saja, jadi anak-anak juga doyan. Dicemil tanpa nasi pun kriuk enak.  Bahkan sudah 3 minggu dalam kondisi di pack masih kriuk , nggak melempem. Aroma daun jeruknya kuat.

Untuk mendapatkan sambel goreng kering tempe mix kentang bisa hubungi akun Instagram @MbakDjoemmy atau Fb : Mbak Djoemy.

Bisa juga ke alamat : Tebel Barat Rt 7/ 1 Gedangan Sidoarjo'

Tertarik untuk jadi resseler ?  Hubungi : 081335551245


No comments:

Post a Comment