Di Balik Sosok Blog Kotak Warna

 






Siapakah sosok dibalik blog Kotak Warna? Blogger Surabaya, asli berasal dari Madura. Saya mengenalnya tahun 2012 lalu. Namanya Swastikha Maulidya. Awal kenal, di workshop menulis yag diadakan Gradien. Sosoknya mungil, kalem, dan ngalahan. kenal di workshop  Gradien, belum begitu dekat hanya sekilas saja. Saya kira masih SMA, ternyata sarjana Psikologi wkwkwkwk. La  wajahe imut, mungil dan baby face. Selepas workshop  hanya saling add FB, tidak terlalu berinteraksi dekat. Saya ingat selepas workshop Gradien itu tak sempat foto-foto buat kenangan.

Ketemu lagi pas even blogger di Pop Hotel kalau tidak salah ingat. Waktu itu Mbak Tikha masih berprofesi guru TK. Ternyata Mbak Tikha orangnya asyik, agak diam kalau baru kenal tapi kalau sudah kenal lama apa saja bisa jadi bahan obrolan.  Saya  tahu kalau Mbak Tikha survival penyakit jantung sekitar 2 tahun lalu. Bulan April tahun lalu operasi untuk mengganti alat pacu jantung. Bisa dibaca di blognya, kisah operasi di saat pandemi.

Semangat belajarnya tinggi dan tanpa menyerah, pribadinya welcome pada siapa saja. Kalau di grup mesti selalu jawab apa pun selalu diladeni. Anaknya cenderung males konflik. Pilih jalur aman, makanya temannya banyak. Pernah satu kali Saya bertanya, Mbak Sampeyan ki gak pernah kecewa ta ? Atau benci sama Orang  ? Jawabannya pernah, tapi tak pernah disimpan lama, sebisa mungkin kalau tak suka dengan seseorang lebih baik menghindarinya dan berusaha bersikap biasa saja. Cukup tahu saja kelakuannya. La po ra apikan banget.

Karena sifatnya yang bikin nyaman inilah,  rumahnya sering jadi jujugan anak-anak. Rumah Merah Ketintang, kalau ngobrol di sini dijamin serasa males pulang. Mbuh tempat duduknya ada lem kali ya. Disebut rumah merah karena cat rumahnya merah, gebyok sebagai ciri khasnya. 

Bagi Saya, Mbak Tikha tempat bertanya ide-ide ngeblog, foto, tanaman bahkan kadang curhat tentang parenting. Nyaman aja ngobrol dengannya. Biasanya  sebagai pendengar yang baik tanpa menyela apa yang kita bicarakan. Typenya selalu berusaha menyenangkan orang. Walau usia Saya lebih tua, tapi merasa nyaman  saja kalau ngobrol dengannya.

Baca  ; Hal Paling Sulit Saat Ngeblog

Semangat untuk selalu berbagi dan memberi masukan. Berusaha menjawab semampunya bahkan seringnya bagi ilmu itulah yang membuatku kagum, blas nggak pelit apalagi itungan. Sosok Mbak Tikha dengan kelemahannya, yaitu dengan alat pacu dalam tubuhnya tak membuatnya minder. Bahkan selalu ceria dan tertawa ketika ada yang mengecewakan hatinya.  Di dunia kepenulisan sepertinya Mba Tikha menemukan passionnya. Dan dengan kameranya selalu jadi tukang foto kita-kita. Iya kamilah selalu jadi objek jepretannya. 

Blog kotakwarna.com, berisi tentang gaya hidup. Tapi kebanyakan bahas skincare dan drama Korea. 2 hal ini sepertinya yang rame pengunjung. Dari Mbak Tikha aku belajar merawat wajah dan tubuh. Jadi mengenal suncream  dan serum. Membaca blog dan instagram serta IGS tentang skincare menambah pengetahuanku, yang tadinya hanya tahu cleanser, face tonic dan pelembab. Sekarang jadi tahu, serm., sabun pembersih wajah. Serum pun ternyata bisa berlapis - lapis penggunaannya. Pakai skincare nggak harus mahal, sing penting cocok di kulit wajah, rutin menggunakan dan konsisten. Ben glowing.

Hobi Mbak Tikha lainnya adalah fotografi. Kalau di even, Saya selalu minta tolong untuk dijepret pas foto diri sebadan. Seringnya suka foto langit, flatlay, travelling, produk kecantikan bahkan punya akun instagram tersediri. Punya akun Instagram sampai 3 . Duuh Mbak, ngopeni konten e gimana dan ngaturnya? Hebat tenan. 

Selain blogger, Mbak Tikha juga seneng menulis cerpen. Tapi entahlah sepertinya banyak cerpen yang masih ngendon di laptopnya, tapi satu bulan terakhir, Saya lihat mulai merambah menulis  cerpen di Whatpadd. Semangat terus ya Mbak.

Menulis bagi mBak Tikha sebagai healing dan mencurahkan ide yang mengendap di kepala. Katanya menulis itu harus dari hati, dan kalau ingin nulis langsung nulis saja, edit belakangan. Sing penting enjoy dan bermanfaat.

Sosok Mbak Tikha ini penyayang anak-anak, anak kecil pasti lengket sama  Mbak Tikha. Selain penyayang anak, penyayang kucing juga lho. Beberapa kali ngopeni kucing liar yang sering berkunjung ke rumahnya. Dikasih makan tulang atau nasi dan ikan.

Sekarang lagi senang koleksi kaktus, sukanya beli online. CO di market place kalau nggak property foto, skincare, ya kaktus ini. 

Tak critani ya, obrolan dengan Mbak Tikha seringnya drama Korea yang lagi on going. Senengan e drama Korea sing berbau detektif dan drama yang ringan aja. Coba tanya ke Dia, nama aktor Korea dan artis KPOP sing imut dan menggemaskan, pasti apal di luar kepala namanya.

Mbak Tikha itu masih jomblo ya, mbuh drama percintaannya Saya kurang begitu paham, tak doakan semoga lekas mendapat jodoh yang seiman dan menerima apa adanya dan bisa membimbing sampai jannah. 

Sehat selalu ya Mbak. Kangen banget ke rumah Merah Ketintang semoga bisa ketemu dalam keadaan sehat dan bahagia

Itu aja ya sedikit yang Saya tahu, sosok dibalik kotakwarna. Kalau pengin tahu lebih jauh  hasil jepretan Mbak Tikha ada di IG : @child_smurf dan @tikha.mulyana. 

O iya ternyata masih ada satu blognya yaitu swastikha.com 

1 comment:

  1. terima kasih ya bu, sudah menulis saya dengan baik. Terharu bacanya

    ReplyDelete