Hal Paling Sulit Dalam Ngeblog Bagiku



 

 

Dunia menulis bagiku sangat menyenangkan. Menulis sebagai healing, hobi dan hiburan. Tapi kalau lagi datang penyakit M alias malas , duh blog bisa kosong melompong hampir 2 bulan. salah satu yang paling sulit dalam ngeblog ya mengalahkan malas ini.

Anakku selalu mengingatkan, punya blog kok dianggurin. Rugi bayar domainnya Ma. Saya akui awal ngevlog dulu semangat banget buat ulis curhatan tingkah anak atau menulis masakan yang behasil Saya olah dan cukuplah memuaskan bagi keluarga. Biasanya niat dicatat di blog biar nggak lupa. Bahkan pernah daftar adsense biar dapat pundi uang. Ehm semakin bertambah umur semakin males. Inilah tantangan tersulit bagiku.

Selain itu hal sulit apa dalam ngeblog bagiku?

1. Tidak konsisten

Selain malas, menjaga konsistensi untuk ngeblog juga susah. Kalau sudah buka laptop biasanya buka yang lainnya,  terutama FB, Wa atau Youtube. Niatnya cari ide dari lihat status teman, eh malah kebablasan asyik berseluncur membaca yang lainnya. Kadang  disambi WA di grup keluarga atau komunitas. Lupa menulis, yang ada malah chattingan sampai lupa waktu. Tahu-tahu sore dan tugas utama negara memanggil. Capek ngurus kerjaan rumah tangga, malam niatnya mau nulis yang ada malah ngantuk dan tertidur.

Sudah berjanji mau menulis setidaknya seminggu sekali, janji tinggal janji tapi tak pernah ditepati. Njegogrok tanpa ada tambahan tulisan. Mungkin karena sudah jenuh, dan sudah tak seantusias awal ngeblog dulu. Rasanya kalau takmenulis selama seminggu ada yang kosong.

Akhir-akhir ini yang dipikirkanhanya gimana caranya nyari duit buat mencukupi kebutuhan. Ahahaha... terlalu banyak yang ingin dikerjakan, eh malah tak satu pun yang berjalan. 

Ini salah satu PR ku menjaga mood nulis selalu on. Dan berusaha satu per satu pekerjaan dikerjakan sampai tuntas.

2. Promosi Blog

Sebagai seorang blogger mempromosikan blognya di media sosisal tentunya perlu. Untuk meningkatkan pengunjung dan bisa merambah sebagai influencer.

Tapi mengatur waktu untuk menyebarkan konten kadang Saya lupa. Habis menulis, tinggal aja begitu saja. Mak prung. Lha mau dapat pengunjug darimana kalau tak mau menyebarannya. Lak yo rumahnya suwung. Blog layaknya rumahmu, aturlah sebaik mungkin agar menarik pengunjung.

Eh tapi sekarang Saya mulai sadar, setidaknya saya share di twitter atau status WA. Kalau di FB dan IG, entahlah masih dapat peringatan tak bisa upload link hidup di dua tempat itu.

3.Meningkatkan Algoritma

Ini bikin PR banget bagiku. Sudah belajar sampai kepala panas di ubun-ubun. Belajar cara menurunkan ranking alexa, memikirkan bagaimana agar tulisan muncul di 10 halaman pertama dari search engine google. Lalu kaidah menulis keyword . Seua dipelajari dari tahun ke tahun. Tapi rasaku, Saya belum bisa menerapkannya secara maksimal.

Tahun ini belajar, setengah tahun kemudia rasanya hilang. Yang inti saja yang nyantol. Kalau sudah gini rasanya pengin menyerah. Eh tapi ilmu itu kan harus dipelajari dan diterapkan ya. Sudah dapat teori tinggal mnerapkan, kalau lupa buka dan baca lagi sambil googling. Ben fresh. 

4. Menemukan Ide

Dengan alasan mencari ide, biasanya Saya main FB, atau berkunjung ke blog teman, baca novel online, melihat youtube, nonton drakor . Bukannya mendpatkan ide, tapi biasnya kebablasen. Terutama kalau pengin nulis sinopsis drakor yang on going atau yang sudah tamat. Jangankan jadi tulisan, malah nggak berhenti menonton drakor sampai pagi.. Besoknya mata sayu kurang istirahat. Nulis dipending, hanya sekdar judul di draft sampai jamuren dan tak ada tulisan satu pun tentang drakor yang barusan ditonton. 

Untuk membangkitkannya biasanya ngobro dengan teman sesama blogger ben etuk semangat menulis lagi.

Nah 4 hal paling sulit dalam ngeblog bagiku, sering kutemukan  dalam ngeblog. Mungkin kalian punya pengalaman lain dariku? share yuk di komentar.

No comments:

Post a Comment