Naik Kereta Api Solo - Sidoarjo Di Musim Pandemi harus Genose atau Swab antigen

Kereta api sri tanjung Solo-Sidoarjo

Awal April lalu, Saya melakukan perjalanan ke Solo karena kepentingan tanda tangan dokumen yang tak bisa diwakilkan. dan pas bulan Sya'ban sekalian nyekar ke makam Bapak dan leluhur.Berangkat di musim pandemi begini sebenarnya agak was-was, Bismillah wae lah. Berangkat naik bis Eka, Saya pikir harus genose atau disuruh SWAB, ternyata langsung naik saja, cukup pakai masker dan bawa hand sanitizer. Penumpang di bis hanya separo satu kursi satu kecuali kalau yang masih keluarga boleh berdampingan. Nah pulang ke Sidoarjo naik kereta api Sri Tanjung dari Purwosari Solo.

Naik kereta api antar kota selama pandemi ini ada tambahan syarat harus menunjukkan hasil swab atau genose bahwa negatif dari covid.

Hasil test genose maupun swab antigen hanya berlaku 24 jam saja. Jadi Saya sarankan lebih baik test genose atau swab antigen sehari seblum keberangkatan  ambil test jam siang atau sore.

Test genose kalau di Solo bisa dilakukan di stasiun Balapan. Buka dari jam 7 pagi - 4 sore.

Ada 4 bilik yang bisa digunakan.

Jangan makan dan minum 30 menit sebelum dilakukan test genose.

Syarat test genose:

1. Tunjukkan tiket kereta api dan KTP dinpetugas pendaftaran.

2. Isi formulir kemudian lakukan pembayaran.Genose 30 ribu sedangkan swab antigen di stasiun Balapan 105.000

3. Kita akan diberi kantong

4. Saat test, kita akan dibimbing petugas.Untuk tarik napas kemudian hitunhan kedua hembuskan.Tutup kantong plastik.

Serahkan ke petugas. Tinggal menunggu hasil. Hasil kira-kira 30 menit akan keluar.

Kenapa  Saya sarankan h-1 test genose.Untuk menghindari antrian dan biar tak buru-buru. Kebetulan tiket keberangkatanku di Purwosari Pagi jam 08:15 WIB.

Padahal genose dan swab hanya ada di stasiun Balapan.Ben ra kemrungsung dan tenang aja makanya lebih baik h-1 pelaksanaan test genose.

Perjalanan naik kereta api ekonomi kali ini juga penuh namun ada jarak tempat duduknya. Yang biasa kursi isi 3 sekarang hanya isi 2.

Ketika sudah di kereta  petugas ki akan membagikan faceshield dan masker.

Jangan lupa pakai baju panjang ya. Dan bawa hand sanitizer sendiri. Pokoknya selalu jaga protokol kesehatan.

Perjalanan Solo - Sidoarjo cukuplah lancar.

Untuk mengisi waktu Saya baca dan main socmed dalam perjalanan. Saya memilih tempat duduk dekat jendela agar bisa foto pemandangan sepanjang jalan.

Baca : OMAH KODOK RESTO DAN TEH

Kemana saja  Saya di Solo ?

1. Menginap di rumah Tante.

Menginap di rumah Tante Titik  adik Bapak nomer 6. Karena tanda tangan berkas yang Saya lakukan ada di Tante Titik. Saya dulu waktu kuliah di Ambon pernah ikut Tante Titik. Nah selepas menikah  baru kali ini keturutan nginap dan menghabiskan waktu tukar cerita semalaman suntuk.Tak lupa menikmati hidangan khas Solo

Wedhang ronde, tahu petis, tempe gembus goreng dan slenjongan.

2.Nyadran ke tempat leluhur

Waktu itu pas bulan Sya'ban, sekalian nyekar ke makam Eyang, Bapak di Gombang Sawit dan ke Drojo  di lereng Lawu .

Ke makam Drojo, Karang Pandan merupakan asal Eyang Kakung.Jadi di sini makam Eyang Buyut Saya. Pemandangan dari makam terlihat gunung Lawu menjulang gagah di Timur.

Selepas dari makam, silahturahmi ke sepupunya Bapak di rumah putra dan putri Budhenya Bapak.

Ya kami hanya meluangkan waktu setahun sekali saat Ruwahan nyadran  untuk bersilahturahmi agar tak putus jalinan persaudaraan.

Kami disuguhi teh panas produksi dari pabrik teh Kemuning. Rasane ginastel, legi panas kentel disruput di tempat yang dingin ditemani singkong rebus dan goreng.Maknyuuus.

3. Makan di restaurant daerah KarangPandan

Sayangnya Saya lupa namanya, Kami pesan garang asem ayam  mie goreng, cah kangkung dan cap jay.

Di tempat ini agak longgar. Lumayanlah rasa garang asem ayamnya .Perpaduan gurih, asem dan seger. Aroma daunnpisanhnya semakjn nambah nikmat.

Nah itu tadi perjalanan terakhir ke Solo setelah pandemi ini.Jadi hampir setahun aku tak berkunjung ke rumah Ibuk.Baru April kemarin meluangkan waktu.Dan alhamdulillah Ibu senang bisa ngumpul walau hanya sebentar.

Kalau naik kereta api jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan dan test swab antigen atau genose dulu ya.

Keep safe and healthy ya.

1 comment:

1. penasaran genose ini plastiknya plastik kiloan gitu apa gimana mbak? hahaha ampuni kepolosanku smapai mengira plqstiknya plastik kiloan, soalnya gak kebayang gitu.