5 Quote Favoritku



 Hai konco dan pembaca setia blogku!

Pernah nggak sih kalian baca -baca quote di sosial media maupun di buku ? Apalagi kalau hati sedang galau. Kadang pas nonton drama Korea pun ada quote yang pas dengan kondisi hati. Biasanya Saya langsung share di status WA karena bisa mewakili perasaan hati.

Dari beberapa quote yang betebaran di medsos maupun buku ada yang jadi favoritku :

1. Urip iku urup

Falsafah Jawa yang selalu melekat di telinga. Dari Simbah dulu wejangannya selalu begini, "Dimana  Kamu n bberada, urip iku urup."

Hidup itu nyala, maksudnya jadilah penerang buat sesama. Bagai lilin yang selalu menerangi dalam kegelapan.

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat buat orang lain. Jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seberapa pun ilmu yang Saya dapat sebisa mungkin dibagikan buat sesama agar selalu bermanfaat.

Tapi ingat, jangan pernah memanfaatkan orang  lain atau kebaikan Saya akhirnya dimanfaatkan orang lain demi keuntungan pribadi. Hal ini yang selalu Saya hindari. Bermanfaat tapi nggak mau dimanfaatkan . Eh gimana, renungno dhewe yo Rek.

2. Lebih baik tangan di atas daripada di bawah

Ojo medit, ojo pelit. Kalau bisa lebih baik memberi daripada menerima. Seberapa rejeki Saya, sebisa mungkin disisihkan untuk sedekah. Dengan memberi dengan ikhlas, rejeki kita tak akan berkurang. Allah pasti akan menggantinya berlipat-lipat. Kalau orang kaya memberi itu sudah biasa, yang istimewa kalau kita sedang di bawah jangan ragu untuk selalu sedekah seberapa pun yang kita miliki. Dengan sedekah di saat ekonomi sulit akan terasa indah.

Ada satu cerita yang dialami tetangga Saya. Beliau terkena musibah ditipu teman, hingga usahanya nyaris bangkrut. Namun Beliau setiap Jumat, membagikan nasi bungkus dan selalu memberi sembako ke Panti Asuhan. Dalam jangka 2 tahun, usahanya bangkit kembali.

Itulah nikmatnya memberi dengan ikhlas tanpa parih.

Baca juga: Kata Motivasi Pagi

3. Ubet Ngliwet

Masa pandemi begini, pemasukan keuangan sebagai istri pegawai negeri mulai berkurang. Padahal cicilan kudu tetap jalan. Langkah yang Saya ambil adalah "Ubet Ngliwet " Maksudnya  kalau bergerak atau usaha maka bisa menanak nasi. Makanya sekarang ini Saya bantu menambah uang jajan anak dengan jualan tahu isi dan jadi resseler. Pokok e bagai pedagang Palugada. Apa yang lu butuhin gua ada. Opo ae didol, walau tambahannya hanya recehan. Yang penting bisa buat tambahan beli beras. Pandai-pandai dalam melihat peluang dan selalu jaring pertemanan dengan ketulusan. 

4. Sopo Sing Temen Bakal Tinemu

Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka akan mendapatkan hasil. Jangan pernah menyerah dan malas dalam berusaha. Ketika jatuh maka harus bangkit kembali. Pekerjaan apa pun bila dilakukan sungguh-sungguh dan konsisten maka akan membuahkan hasil yang manis.

Kata - kata di atas diucapkan Ibuku, ketika Saya malas belajar dan hanya mutar radio di saat mau ujian atau ulangan. Ceramah pendek selalu terlintas kata -kata itu. 

Akhirnya Aku pun buka buku kembali, mengulangi pelajaran. Kalau pas fokus ya hasil nilainya apik. Tapi seringnya Saya abai...hahaha...biasalah anak muda, jaman dulu banyak pesan sponsornya.


5. Selalu lihat ke bawah agar pandai bersyukur daripada mengeluh

Mengeluh memang sudah sifat manusia, tapi jangan terlalu banyak mengeluh. Sering melihat ke bawah agar selalu bersyukur atas apa yang Saya dapatkan. Ben ora ming ngeluh wae dan merasa kurang. Bolehlah sesekali melihat ke atas atau melihat keberhasilan teman asal untuk memotivasi diri. Bukan malah membuat tidak nyaman atas pencapaian yang sudah Saya dapatkan. 

Bahkan bila dapat masalah pun, alhamdulillah aja. Mungkin Allah sedang menguji Saya dan dirasa Saya mampu menanggung masalah tersebut.Jadilah pribadi yang selalu bersyukur agar hidup tentram dan makmur. apalagi kalau ditambah dengan sikap jujur. Ojo jujur kacang ijo lho ya...

Itulah 5 Quote favoritku penyemangat hidup dan agar pantang menyerah menghadapi kehidupan. Sebenarnya masih ada lagi, sik ya nanti tak lanjut. Soale bar ngubleki adonan chiffon. Jadi sing terlintas yo 5 itu aja. Nanti tak tambahin meneh yen bar ngemplok chiffon hasil latbarku. hehehehehe...

1 comment:

  1. quote ke-4 ini aku baru denger mbak, artinya wise juga.
    Btw adonan chifonnya gimana mbak , seru kayaknya

    ReplyDelete