Sepuluh Barang Kebutuhan Anak Kost Yang Harus Dibawa Dan Dimiliki

 

Barang kebutuhan anak kost

Mempunyai 2 anak yang pernah ngekost namun mereka berbeda dalam hal kebutuhan barang yang harus dibawa ke tempat kost . Karena perbedaan tempat kost berdasarkan jauh dan dekatnya. Sulung pernah ngekost di Yogyakarta karena satu pekerjaan namun kost di tempat saudara, Ragil pernah ngekost di Malang dan sekarang kost di Ibu kota Jakarta karena pendidikan. 

Ragil hanya membawa barang yang perlu saja karena naik kendaraan umum jadi kapasitas barang terbatas demi keamanan dan kenyamanan ketika turun dari bus menuju kost. Apalagi perkiraan waktu sampai kost jam 10 malam. Makanya Dia membawa barang seperlunya saja.Barang yang dibawa seperti seperangkat alat sholat, perlengkapan mandi, peralaatan makan minum, baju secukupnya, kabel olor dan laptop serta kamera untuk keperluan kuliahnya. Kalau ada yang kurang, barang bisa dikirim via paket.

Baca juga :Cari tempat kost Malang

Walau berbeda tempat namun ada barang wajib yang harus dimiliki ketika kedua anakku kost.Kurang lebih ada sepuluh barang kebutuhan anak kost yang harus dimiliki, diantaranya:

1. Perlengkapan mandi

Perlengkapan wajib ini bagi anak kost, yaitu handuk biasanya anakku bawa 2 handuk untuk ganti misalnya handuk terlalu basah dan mulai lembab. Untuk gantian saat handuk sedang dicuci. Selain itu pasta gigi, sikat gigi,sabun dan shamphoo jangan lupa. Biasanya anakku menaruhnya di tempat tersendiri. Misalnya di clutch atau tas kecil dari plastik.Dan karena anakku laki-laki maka juga tak lupa bawa foam untuk cukur jenggot dan brengos sekalian anak pencukurnya.

Shabun dan shampooo sebelum dimasukkan ke tas, biasanya dikreseki plastik dulu, menghindari sabun dan shampoo tumpa di tas. 

2. Peralatan Makan dan Minum

Peralatan utama untuk makan seperti sendok, garpu, piring dan mabgkok. Anakku meilih memakai mangkok dan piring melamin agar tak pecah di perjalanan. Maklumlah perjalanan Sidoarjo - Jakarta dengan Sleeper bus, selama 12 jam. Rawan guncangan. Apalagi perlengkapan makan ini ditaruh di ransel.

Mangkok buat jaga-jaga kalau beli makanan yang berkuah. Anakku jga membawa mug dan gelas plastik 1 untuk minum kopi atau inum air putih.

3. Perlengkapan Masak

Perlengkapan masak sementara hanya membawa kompor portable dan panci susu buat bikin Indomie atau kopi. Anakku belum membawa rice cooker, katanya memilih beli di tempat kost saja untuk menanak nasi. Karena barang bawaan sudah cukup banyak.

4.Peralatan Sholat

Perlengkapan sholat selalu aku selipkan diantara pakaiannyaseperti sajadah dan sarung. Sarung bisa pengganti selimut juga di kala musim dingin. Sajadah agar mengingatkan Dia selalu sholat 5 waktu. Atau dibawa saat sholat jamaah di Masjid.

5.Kabel Olor Panjang

Kabel olor panjang tentu saja diperukan untuk jaga-jaga karena kurangnya stop kontak yang jauh. Biasanya untuk laptop, ngechas HP dan lain-lain. walau di kost  sudah ada colokan listrik, lebih baik membawa karena keperluan lainnya.

6. Pakaian Secukupnya

Bawalah pakaian secukupnyauntuk harian maupun untuk kuliah. Dan tak perlu sat lemari ingin dibawa semua, secukupnya saja agar kalau pindah kost tak terlalu repot. Pakaian dalam, celana pendek , training dan celana panjang bawa secukupnya, toh nanti bisa dicucui di tempat kost.

7. Pompa Galon

Walau kecil cukuplah dislempitke di koper, pompa galon  tujuannya untuk memompa air dari galon. Lebih irit beli air galonan dan direfill daripada beli air botolan.

8. Sandal jepit dan sepatu

Sandal jepit buat keperluan sehari-hari. Apalagi saat musim hujan buat keluar rumah atau kamar mandi. Disamping ringan, tidak sumuk . Praktis buat ke warung atau main ke teman. Kalau ngemall atau kuliah ya pakai sepatu lah. Biasanya membawa sepatu 2  untuk gantian. Tak lupa bawa kaos kaki agar kaki tak bau serta kaki tidak lecet. 

9. Obat dan Vitamin

Jangan lupa untuk membawa vitamin, minyak angin misalnya kayu putih atau balsem utuk persediaan dan jaga-jaga saja. Obat yang dibawa seperti obat flu,obat turun panas, hansaplast. Sedangkan vitamin biasanya anakku bawa vitacimin.

10.Sprei dan Selimut

Sprei untuk cadangan kalau sprei yang disediakan oleh Ibu kost kotor, jadi bisa untuk cadangan. Sedangkan selimut, biar tidak digigit nyamuk dan melindungi dari hawa dingin di malam hari.

Itu tadi sepuluh barang kebutuhan anak kost yang harus dimiliki dan dibawa saat kost pertama kali masuk ke kost . Untuk barang lainnya seperi alat kebersihan, hanger untuk menjemur dan menyimpan pakaian bisa beli di tempat atau dikirim lewat paket.Satu lagi permintaan anakku, minta dikirim karpet tipis buat  duduk kalau ada temen datang.


Newest
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Anisa AE
admin
23 September 2022 at 09:51 ×

Bener banget ini tempat alat mandi masih speechless soal ini, tapi yang satu ini memang perlu dibawa kemana-mana. Sebagai anak yang jauh dari rumah memang soal barang yang kiranya dibutuhkan lebih baik dibawa sih. Terima kasih sharingnya!

Congrats bro Anisa AE you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar