Ide Masakan Tanggal Tua: Tumis Tahu Taoco

 

Tumis Tahu Taoco


Saat pertemuan dengan Ibu - Ibu Darma Wanita BPKP Jateng, Saya dapat oleh-oleh taoco Pekalongan. Taoco Pekalongan yang enak, merk Poelau Djawa,kata Bu Kaper.Alhamdulillah nih, pucuk dicinta ulam pun tiba Lama nggak masak tumis tahu tauco.Mumpung dapat tauco Saya berencana mengolahnya hari berikutnya.

Taoco sebenarnya hasil fermentasi dari kedelai, biasa ditambahkan untuk bumbu tumisan, atau cocolan lumpia, bahkan kalau di Pekalongan ada namanya saoto yaitu soto yang dicampur dengan tauco. Rasanya cenderung asem dan asin.

Bentuk dari tauco seperti pasta, berwarna kuning kecoklatan dan lembek.Tauco ada yang rasanya manis dan asin. Kemarin Saya dapat tauco yang rasa asin.Jadi saat memasak untuk bahan tumisan, agak dikurangi garamnya.

Nah berikut ini Saya bagikan resep tumis tahu taoco. Sebenarnya kalau punya udang bisa ditambahkan.Berhubung sudah tengah bulan, uang sudah berkurang untuk bayar cicilan.Maka Saya memasak tumis tahu tauco aja.

Bahan:

10 tahu kulit goreng dibagi 2,goreng sebentar.

*Resep Tumis Tahu Taoco*


Bahan :

- 10 biji tahu kulit dibagi 2 goreng sebentar .


*Bumbu*

3 siung bawang putih diiris tipis

5 bawang merah diiris tipis

4 cabe hijau besar diiris 2 cm 

2 cabe merah dipotong 2 cm

Gula, garam secukupnya

1 sendok makan taoco

1 sendok teh saus tiram

1/2 sendok teh lada bubuk


Cara membuat:

1. Semua bumbu ditumis kecuali garam,gula,taoco dan lada bubuk. 


2. Setelah berubah layu dan harum, masukkan tahu.Tambahkan saus tiram,lada,garam,gula dan taoco. Tambahkan air kira-kira 100 ml, aduk sampai rata.


3. Tunggu sampai air meresap dan agak berkurang.alias sat. Icip rasa, siap disajikan dengan nasi hangat.


Nah resep tumis tahu tauco siap dihidangkan. Kalau ada yang doyan pete,bisa juga dutambahka  lho. Tanggal tua bukan masalah makan tumis tahu tauco, protein dari tahu didapat. Kantong pun hemat. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment