3 Kuliner Rekomendasi Sekitar Solia Hotel Yosodipuro Solo

 

SOTO DAGING BU HADI
Soto daging Bu Hadi

Kuliner Solo itu bagiku rasane enak dan enak banget. Kebetulan Saya menginap di Solia hotel, jl.Yosodipuron Solo. Biasanya Saya akan mencicipi kulineran sekitar hotel. 

Sebenarnya di hotel ada restorannya  juga namanya Kunir Madu Resto, tapi saya ingin mencicipi kuliner kaki lima sekitaran hotel yang bisa ditempuh dengan jalan kaki saja. Nah saya nemu 3 tempat yang bisa dicoba yaitu : Soto daging Bu Hadi, Bakso Alex dan sate kambing Pak Marsudi. 

1. Soto Daging Bu Hadi

Berada do Jl. Yosodipuro 43 Solo.Berada di pojokan, sederetan dengan Hotel Solia. Hanya jalan kaki 5 menit saja. Warungnya kalau siang sepertinya buka untuk bengkel.Jadi warung soto buka sekitar jam 4 sore sampai jam 8 malam. 

Warungnya hanya terdiri dari bangku dan meja kayu khas kaki lima. Begitu masuk dihampiri pelayan menanyakan pesanan makanan dan minuman.

Untuk lauknya kita bisa ambil sendiri di dekat kasir. Pilihannya ada tempe goreng tepung,perkedel,paru,empal, sosis solo, pia- pia, tahu goreng dan bisa juga nambah baceman koyor.


Saya memilih soto daging, teh tawar,tambahan lauknya pia-pia dan tempe goreng.

Harga seporsi soto Rp 15.000,00.

Soto dengan irisan daging sapi kurang lebih 5 potong, dengan kecambah,irisan daun seledri,taburan brambang goreng dan kuah soto yang bening.

Teh tawar 3000. Dan aneka gorengan antara Rp 3000,00- Rp5000,00

Pilihan minumannya hanya teh panas,tawar,es jeruk atau jeruk panas.

Kuah sotonya bening,kaldunya terasa tapi nggak berlemak jadi terasa segar. 

Apalagi waktu itu pas hujan. Jadi terasa enak dan seger.Namun aku lebih suka ditambahi kecap biar lebih pas ada manisnya.


2.Bakso Alex

BAKSO ALEX SOLO
Bakso Alex


Kalau malam hari Saya icip soto, makan siangnya memilih Bakso Alex. Janjian dengan adikku nomer 3 yang bekerja di Bengawan Solo buat makan siang di sini.Apalagi mendung peteng, inginnya makan yang berkuah dan anget-anget.

Pas mau berangkat ke Bakso Alex, ternyata hujan. Menunggu di Lobby sambil baca novel online.

Begitu agak reda, Saya pun berjalan ke arah Timur,baru beberapa langkah malah papasan dengan Adikku. Sambil menyapa," Tak bonceng Mbak." Sayanputuskan tetep jalan saja, karena tinggal beberapa langkah sampai di Bakso Alex.

Saya pesan bakso komplit dan nasi. Seporsi bakso komplit Rp 23.000,00. Nasi Rp 5000,00.Teh tawar Rp 4000,00

Selain bakso ada siomay. Harga siomay Rp 23.000,00.


3. Sate Kambing Pak Marsudi

Tempatnya bersebelahan dengan Bakso Alex. Selain sate kambing, tersedia juga tongseng,sate buntel, gulai, tengkleng masak dan tengkleng kuah, buntel garang dan nasi goreng.

Minumannya teh hangat, es teh,beras kencur,es jeruk dan wedhang jeruk.

Jam buka sekitar jam 07:00 WIB - 16:00 WIB. Kalau sore dikit biasanya sudah habis.

Soal rasa satenya empuk dannper tusuknya lumayan besar dagingnya.

Harga antara Rp 25.000-Rp 50.000


Nah ketiga warung makan tersebut berada di sebelah kiri Mknumen Solo,kira-kura 100 meter dari Mknumen Solo. Kalau dari hotel Solia sekitar 50 meter.

Asyiknya menikmati kulineran siang hari di sekitar Solia Hotel Solo. Bakso Alex yang melegenda sejak Saya SMA,soto Bu Hadi dan tentunya ada sate kambing.

Monggo mampir kalau ke Solo.


No comments:

Post a Comment