Manfaat Daun Sirsat Bagi Kesehatan


Credit

Sirsat kalau orang Sidoarjo sini menyebutnya buah moris. Selain bisa dipakai untuk membuat es dan jus ternyata sirsat juga mempunyai manfaat.Terutama bagian daun sirsat akhir-akhir ini baru booming ekstrak daun sirsat.Buah sirsat merupakan jenis tanaman buah tropis. Selain sebagai peneduh jika ditanam di depan rumah, daun sirsat ini juga mempunyai manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini manfaat daun sirsat bagi kesehatan:

1. Mencegah Asam Urat
Beberapa hari yang lalu ada tetangga sebelah rumahku menanyakan padaku, apakah aku punya pohon sirsat?Kebetulan aku tak menanamnya, memang pernah sih beberapa waktu lalu mempunyai pohon ini di depan rumah.Tapi sudah aku ebang kugani denan pohon belimbing wuluh.Kata tetanggak dengan minum rebusan daun sirsat, asam uratnya agak berkurang. Caranya ambil 7-10 lembar daun sirsat, lalu dicuci bersih kemudian dipotong-potong . Rebus daun sirsat dengan 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa kurang lebih 1 gelas. Minum saat hangat sehari 2 kali pagi dan malam hari.

2.Menghilangkan Bisul
Bisul bisa menyerang sewaktu-waktu dan biasanya tak mengenal tempat. Bisa di wajah atau di bagian tubu lainnya. Jika kulit kita trserang bisulan maka akan terasa nyeri. reptnya lagi kalau si bisul terdapat di wajah kita. Ternyata daun sirsat dapat digunakan untuk mengobati bisulan. Caranya: ambil 10 lembar daun sirsak yang muda, dicuci bersih lalu tempelkan pada bagian yang terkena bisul .Lakukan berulang hingga bisul mengering.

3.Mengobati Eksim dan Rematik
Cuaca panas seperti sekarang ini, udara yang berdebu bagi yang mempunyai sakit eksim pasti kambuh. Daun sirsat juga dapat digunakan untuk mengobati ini lho.Caranya tumbuk daun sirsat beberapa lembr hingga halus lalu tempelkan pada bagian kulit yang terkena eksim.
Begitu pula bagi yan terkena rematik, tempelkan tumbukan daun sirsat pada bagian tubuh yang terasa ngilu. Lakukan teratur sehari 2 kali.


4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Daun sirsat juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan ubuh. Caranya ambil 4-5 lembar daun sirsat, lalu direbus menggunakan air 2 gelas dan nggu sampai mendidih hngga tersisa 1 gelas. Minumlah sehari 1 kali.

5. Menghilangkan Kutu
Jika rambut kita jarang keramas, kadang memunculkan parasit di kepala . Parasitnya apalagi kalau bukkan si kutu hahahahaha. Kepla terasa gatal, untuk mengatasi kutu yang ada di kepala , bisa juga menggunaan daun sirsat nuk keramas.
Caranya: Ambil beberapa lembar daun sirsat yang sudah tua lalu direbus. Tunggu air rebusan hingga dingin. Gunakanlah air rebusan daun sirsat ini unuk keramas. Lakukan beberapa kali hingga kutu hilang.


Ternyata daun sirsat banyak manfaatnya bagi kesehatan bukan?Maka gunakanlah pekaranganmu untuk menanam tanaman yang berfunsi selain peneduh juga sebagai obat herbal.selain menggunakan obat herbal, tetap saja lakukan pengobatan lewat dokter ya.

2 comments:

  1. memang bener daun sirsat berkhasiat banget apalagi sudah diteliti valid

    ReplyDelete
  2. Iya benar..Hampir tiap hari suami minum air seduhan daun sirsak
    katanya enak ke badan..

    ReplyDelete