Aneka Wedhang Rempah Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh


Akhir-akhir ini, di Pasar bakul empon-empon diserbu pembeli. Kelangkaan vitamin C atau tablet untuk meningkatkan stamina tubuh, membuat mereka kembali ke jamu tradisional. Semua gara-gara Virus corona sedang menyebar secara cepat di negeriku. Diriku pun salah satu pelanggan tetap pengonsumsi empon-empon.memang pada dasarnya suka jamu dari dulu.

Di pasar dekat rumah ada kemasan jamu sinom yang dijual 3000 tinggal dibikin sendiri di rumah dengan menambahkan gula merah, madu atau gula pasir.  Ada 4 wedhang rempah yang sering Saya konsumsi setiap pagi hari.Yaitu wedhang jahe-sere, wedhang secang serai, wedhang asem, wedhang bunga telang. Wedhang rempah ini selain menghangatkan tubuh, juga sebagai pelega tenggorokanku yang mulai gatal.
Jahe ada beberapa jenis Jahe emprit dan jahe merah. Kalau jahe emprit, rimpangnya lebih kecil dan rasa lebih pedas . Sedangkan jahe merah rimpangnyaberwarna coklat kemerahan, rasanya juga lebih peda.

Karena yang sering dibawa tukang Sayurku jahe rimpang gajah, bentuknya lebih besar dan ras ke[edasannya agak kurang. Jahe   katanya juga bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Berikut ini aneka wedhang rempah yang sering Saya buat untuk meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi corona.

1.Wedhang Jahe Sere
Bahan : 
2 rimpang jahe seukuran ibu jari. Dibersihkan lalu digeprek.
1 batang seari ukuran sedang dikeprek
1 daun pandan 
1 bathok kecil gula merah atau madu 2 sendok makan.
400 ml air

Semua bahan kecuali gula dan madu, dicuci bersih lalu direbus bersama gula merah dengan air kurang lebih 400 ml. Tunggu sampai mendidih, lalu disaring. Kalau menggunakan madu, menambahkan madunya ketika minuman sudah agak hangat kuku. Diaduk dan siap diminum.

 2. Wedhang Bunga Telang
Di halaman rumah, Saya mempunyai pohon bunga telang. Dan  tak pernah berhenti berbunga, alhamdulillah. Bunga telang selain untuk pewarna alami berwarna biru,  bisa dimanfaatkan sebagai minuman segar. Membuat wedhang bunga telang untuk sekali minum Saya hanya merebus sekitar 5 bunga telang atau cukup diseduh dengan air panas semug, atau secangkir. Tambahkan gula batu atau madu. Diminum hangat atau tambahkan es batu.

3. Wedhang  Jahe Secang
Bahan :
1 genggam kayu secang
1 rimpang jahe dikeprek
3 cm kayu manis
1bathok kelapa kecil gula merah
400 ml air

 Semua bahan  direbus kemudian disaring. Diminum saat hangat. 

4. Wedhang Kunir Asem
Bahan:
1 sendok teh kunyit bubuk Atau bisa juga 1 rimpang kunyit diiris tipis
 Sejempol asam jawa / 2 sendok teh asam jawa
1 bathok kecil gula jawa
2 cangkir air

Semua bahan direbus hingga mendidih saring dan siap disajikan.

5. Wedhang Jahe Sereh Secang
 Bahan :
 1 rimpang jahe
1 genggam secang
 2 batang sere
2 sendok makan madu atau gula merah satu bathok kecil
 Segelas air ( kira- kira 400 ml)
Cara  membuat :
Semua bahan direbus dengan segelas air ( 400 ml) sampai mndidih. Saring dan siap disajikan.

6. Wedhang kunir jeruk nipis
Bahan:
 1 rimpang kunyit, dicuci bersih lalu iris tipis-tipis. Bisa juga memakai kunyit bubuk merk bumbu desa 1 sendok teh
1 buah jeruk nipis
2 sendok makan madu
1 mug air panas

Cara Membuat :
Peras jeruk nipis, tambahkan kunyit lalu seduh dengan air mendidih. Tunggu hingga hangat. Tambahkan madu dan diaduk sampai rata. Siap diminum

Aneka wedhang rempah di atas yang selalu menemaniku di pagi hari menjelang beraktivitas. Setelah rutin meminumnya badan terasa segar, tidak mudah lelah, dan meningkatkan imunitas tubuhku. Apalagi diminum saat perubahan cuaca. Tenggorokan yang mulai gatal bila diminumi ramuan di atas  agak berkurang gatalnya. Selain itu, jaga kebersihan dengan selalu cuci tangan sehabis dari luar . Istirahat yang cukup, makan yang bergizi. Semoga aneka wedhang rempah untuk meningkatkan imunitas tubuh di atas bermanfaat bagi pembaca. 
Newest
Previous
Next Post »