Oseng Terong Lombok Ijo

 


Dulu Saya kurang meyukai terong. Karena di keluarga tak pernah masak terong. Selepas merantau ke Ambon, sering dijamu sambel terong atau lodeh terong. Akhirnya dari yang nggak doyan jadi doyan.Ala bisa karena terbiasa.Apalagi kalau dimasak oseng lombo ijo, lauk kerupuk pun jadi.

Terong sebenarnya masuk tanaman buah. Hampir sama dengan tomat, sebenarnya buah namun lebih sering dibikin sayur. Tanaman ini teramsuk jenis tanaman tropis dan sub tropis.Bisa dijumpai di negara Asia. Jenis terong ada beberapa ada yang berwarna ungu, hijau maupun bulat yang biasanya untuk lalapan. Terong ternyata mempunyai beberapa manfaat. Diantaranya mengendalikan kolesterol, menjaga kesehatan  jantung, mencegah kanker serta membuat kulit lebih lembut. 

Karena manfaat terong inilah, hidangan terong kadang menemani di meja makan. Mau dimasak apa saja pasti anak-anak dan suami suka. Biasanya Saya masak oseng, lodeh, atau balado. Kali in Saya mau kasih resep sederhana Oseng Terong Ungu Lombok Ijo


Bahan:

200 gram terong ungu

6 lombok ijo iris tipis dan serong

3 siung bawang putih ukuran sedang diiris tipis

5 bawang merah diiris tipis

1 tomat ukuran kecil diiris dibagi 4

Garam 1 sendok teh

1 sendok makan gula pasir

100 ml air

daun salam 1 lembar

Lengkuas 1 ibu jari

Minyak untuk menumis


Cara membuat:

1. Tumis bumbu yang sudah diiris: bawang merah, bawang putih sampai layu. Masukkkan lombo hijau dan tomat.Aduk sampai rata.

2. Tambahkan garam, gula, daun salam dan lengkuas diaduk sampai lombok layu. 

3. Masukkan terong yang sudah diiris kotak 2 cm.Diaduk-aduk sampai rata. Tambahkan air. Tutup sampai air mendidih dan agak kering.

4. Angkat dan siap disajikan


Tips: Setelah terong dipotong sebaiknya direndam ke air. Agar terong tak berubah warna agak kehitaman.

Oseng terong lombo ijo siap disantap dengan nasi anget da kerupuk kanji. Nikmatnya alhamdulillah.

1 comment: