Matematika Pelajaran Yang Saya Benci

 


Pelajaran kurang ku suka dari dulu Matematika. Padahal saat TK dan SD senang pelajaran berhitung. Mungkin pelajaran masih bisa mengikuti, Kesenanganku dengan pelajaran matematika sepertinya hanya sampai kelas 3 saja. Mulai kelas 4  agak males dengan pelajaran matematika. Matematika identik dengan tumpukan PR. Sampai rumah, kalau ada yang nggak paham selalu tanya Bapak. Kalau Bapak nggak capek, diajari dengan sabar. Kadang malah dibikinkan karena aku tahu-tahu sudah tertidur di atas buku. hehehehe.

Bapak merasa nggak sanggup mengajariku matematika. Akhirnya menyuruhku les privat, dengan salah satu guru kenalan Bapak. 

Saya senang saja, les bagiku sepedaan melewati sawah dan bermain sama teman yang lain. Saat berangkat les melewati kebon tebu atau sawah, berhenti sejenak  ambil bunga tebu dibuat panahan sama Adikku. Sampai di tempat les selalu telat. Gurunya sabar banget, namanya Pak Parman. Walau telat tak pernah ditegur.Malah disuruh minum dulu, dan duduk sebentar. Sambil beliau menyiapkan Buku dan materi. Kalimat pertama yang diucapkan, " Salam buat Bapak dan Simbah ya. Sehat kabeh Nduk? "

Pernah juga les dengan guru matematika namanya Bu Ros, tapi lesnya malam. Selalu ketiduran. Biasanya kalau masuk kelas, disindir di depan kelas. Mungkin maksud guruku, agar suasana kelas tidak bosan dengan pelajaran matematika. Maka Bu Ros menyelingi pelajaran matematika dengan bercerita. Tapi hasilnya anak-anak tetep ngantuk dan aras-arasen mengikuti. Embuh kok, Saya dari dulu kok jian sama matematika rodho anti. Walaupun nilai di SD, nilai matematika tak pernah di bawah 8.

Ibuku selalu menasehati, jangan membenci matematika. karena dimana pun dan kapan pun kamu akan temui matematika. Kudu bisa menghitung.

Diberi nasehat seperti itu, masuk telinga kanan keluar telinga kiri. 

Tips meneghadapi anak ujian

Kebencianku pada matematika semakin memuncak saat SMP.

Mempunyai guru super galak namanya Pak Darto. Orangnya disiplin banget. Kalau ketahuan nggak membuat PR maka akan dihukum tambahan PR dua kali lipat masih disuruh menulis di buku dengan tulisan "Saya tidak akan mengulangi lagi ." Sebanyak 100 kali. Tulisan ini disetor sekalian dengan setoran PR matematika pada pertemuan berikutnya . 

Kalau pelajaran Pak Darto, selalu berdoa semoga nggak disuruh mengerjakan  ke depan di papan tulis. Kalau mggak bisa, bisa robek bed di saku. Atau kena hukuman tambahan mengerjakan PR dua kali lipat.

Rasane kalau pelajaran matematika, perut mules dan berasa ingin ijin ke toilet bolak - balik. Dan pasti kena dampratan, " Beser  Tit. Koyo cah cilik dolanan pasaran aja di sekolah. "

Seisi kelas geeer ketika Pak Guru berkata seperti itu. Aku wis ngibrit ke toilet. Padahal beli es sirup di Pak Bon.

Pelajaran matematika selalu merah. Kecuali pas kelas 3 SMP.  La wong semakin diberi PR, semakin menjauh. Seperti cinta ku diputuskan sepihak olehmu. Wis rasane matematika tak berjodoh denganku saat SMP. Apalagi kalau sudah mulai tangen dan lain sebagainya. Soyo ngantuk mengikutinya. 

Tapi kok ya dulu aku tak punya rasa dendam sama Pak Guru. Tetap bersikap santun selepas pelajaran. Yo gojekan dan guyon di waktu luang selepas pelajaran.

Pak Guru menyebalkan saat pelajaran tapi penuh guyon dan kelembutan di luar pelajaran. 

Mulai SMA serius mengikuti pelajaran matematika, tapi tetap saja Saya merasa lemah di pelajaran ini. Ada tutor sebaya atau kakak kelas selalu siap ditanya dan ngajari di perpustakaan. Sakjane yo ada maksud tertentu di balik minta diajari wkwkwkwkwk... Apalagi kalau sing ngajari aktivis OSIS. Matematika oh matematika. Kau Ku benci namun ku merindukannya.(Hanya di SMA)

SMA, nilai matematika membaik. pelajaran juga nggak ngantuk -ngantuk banget. Kadang Saya nggarapke PR kalau masih seputaran persamaan. Tapi Geometri ku selalu menyerah. Ada PR Geometri. Pasti hanya bikin separo. Separonya pekerjaan kelas. Berangkat lebih awal, buat nyalin PR dari teman-teman. Kadang pinjam buku PR kelas lain yang sudah selesai mendapatkan soal yang sama.

Merasa kurang di pelajaran matematika, saat penjurusan langsung milih jurusan IPS. Selalu berharap pelajaran matematika gurunya kosong bisa bebas main mnopoli atau main empat satu di belakang daripada bikin tugas.

SMA, sore pulang sekolah kalau ada PR matematika, Saya  datang ke rumah Mas Hari atau mas  Fajar buat belajar dan mengerjakan PR sulit bagiku. Yen diajari berdua ini kok terasa mudah dan bisa. Ketika mereka memberiku soal, bisa mengerjakannya. Tapi kalau sampai di sekolah, diberi soal Pak Sulis. Lain lagi mengerjakannya diriku wis bingung mengerjakannya. Jane sing bodho Saya atau  nggak fokus dengan pelajarannya. Mungkin di kepala isinya matematika susah. Jadinya ya susah beneran. Herannya nilai rapot dan nilai NEM kok ya matematika 85. Kudu ngguyu .

Benciku pada mamatika sampai selalu berharap pelajaran segera selesai, selalu bikin ngantuk, berharap matematika yang mengajar gurunya cakep ben seger ketika melihat rumus pythagoras dan angka-angka. Pelajaran matematika bagiku jam terlama selama pelajaran. Kalau pas pelajaran matematika berharap tak ditunjuk maju  menyelesaikan soal. Ketika ada opsi siapa yang mau maju mengerjakan di depan, pura-pura sibuk dan corat-coret, Asline ya ming nulis sesuatu yang nggak jelas atau nggambar benang ruwet.

Pelajaran matematika yang Saya pelajari selama ini hanya ingat, perkalian, pembagian, pertambahan dan pengurangan. Dalam kehidupan sekarang pembagian Saya gunakan untuk membagi hasil duit buat operasional rumah tangga. Kalau bisa nambah dengan pertambahan uang dari hasil keringat sendiri Buat jajan dan seneng-seneng. Perkalian saya gunakan ketika mencicil motor, berapa kali dalam setahun nyicilnya. Pengurangan untuk mengurangi pengeluaran dengan mengencangkan ikat pinggang. Dan mulai mengurangi kebutuhan sekunder yang tak perlu.

Ilmu matematika ilmu pasti. Ilmu matematika hanya tambah,kurang, bagi dan kali. Itu menurutku lho ya. Ojo ditiru . Eh tapi sepertinya kedua anakku nuruni aku, kurang suka matematika. 

No comments:

Post a Comment