5 Kegiatan Malam Tahun Baru 2021 Di masa Pandemi

Mendung gelap di malam tahun baru



 Tahun baru bagi Saya, sama saja dengan hari yang lainnya. Hanya sekedar bergantinya almanak. Tiap tahun tak ada yang istimewa. Kegiatan juga mengalir seperti hari biasanya. Anak - anak dengan laptopnya masing-masing, Saya berdiam diri di kamar menikmati televisi. Yang berbeda, tahun 2021, Sore sampai selepas Maghrib masih perjalanan di tol, selepas tengok mertua.

Baca :Liburan Akhir Tahun

Malam tahun baru di era pandemi, jalanan yang Saya lalui sepi. Mendung bergayut sepanjang perjalanan. Selepas Jombang, awan gelap terlihat. Begitu masuk tol Mojokerto, hujan deras. Jarak pandang antara mobil sekitar 2-3 meter. gelap dan hujan layaknya ditumpahkan dari langit. 

Sepanjang jalan tol, bertemu dengan 2 kecelakaan mobil slip. Rapalan doa sepanjang perjalanan tak pernah henti. Ada rasa ketakutan namun  percaya saja dengan keahlian setir Suami dan pasrah bongkokan sama Allah. Awan masih gelap dan derasnya hujan jadi pemandangan sepanjang jalan. Mobil di depan hanya terlihat lampu sen merah atau kuning.

Dinginnya udara membuat rasa ingin pipis tapi rest area masih jauh dari maps. Akhirnya keluar tol Mojokerto, mencari SPBU untuk isi bensin dan "tap bensin" diriku dan anak-anak.Daripada diampet, ngompol dan nggak baik buat ginjal wkwkwkwkwk.

Beruntung menahan sekitar 15 menit sudah ketemu pom bensin. Andai tidak, mosok kudu ditaruh di kresek atau bekas botol minuman Ahahaha.

Waktu menunjukkan pukul 18: 30 WIB, ketika masuk kota Sidoarjo. Jalanan mulai sepi, beberapa toko dan Mall siap - siap menutup pintunya. Sesuai dengan peraturan pemerintah  karena adanya pandemi, dilarang ada kerumunan maupun toko buka. Warung makan dibatasi jam buka hingga pukul 19:00 WIB.

Maksud hati ingin makan malam di sebuah restaurant akhirnya batal. Langsung ke rumah, masih suasana gerimis .

Malam tahun baru 2021, bagi Saya kali ini agak istimewa. Di komplek biasanya terdengar ingar - bingar musik keras dari taman. Serta suara tertawa kebahagiaan dari tetangga yang berkumpul di taman dengan menu bakaran ikan. Kali ini absen, terasa sunyi.

Kegiatan kami sekeluarga malam tahun baru 2021  tak lepas dari tombol televisi dan tombol HP. Ngapain saja sih malam tahun baru 2021?

1. Menonton Televisi


Seperti tahun sebelumnya, acara televisi di malam tahun baru pasti filmnya bagus-bagus. Sambil bongkar koper dan oleh-oleh, menikmati film merupakan pilihan yang tepat. Anak-anak suka film barat menikmati TV di ruang tengah.

Sedangkan Saya menikmati drakor di kamar sambil bongkar muatan baju di koper.Memilah baju bersih dan kotor.

2. Mainan  Shopee Candy, Siram-siram dan Bubble

Selepas bongkar pakaian di koper. Sambil leyeh-leyeh ngeluk boyok, ngegame adalah hiburan tersendiri buatku. Mainan bubble walau nggak naik-naik levelnya, mainan shopee candy dan siram-siram tanaman di shopee. Syukur-syukur nambah poin atau berlian biar bisa ditukar cash back njajan di Burger King atau Kopi di Janji Jiwa. 

Bosan mainan shopee, ganti mainan tetris. leyeh-leyeh tersantai tanpa ada kepikiran masak apa dan mau ngapain. Refreshing sejenak dan membunuh waktu. 

3. Makan Malam dan Masak dengan anak-anak

Punya anak remaja dan sudah gedhe itu jadi ada bala bantuan saat urusan di dapur. Urusan masakan dan memilih menu bisa diserahkan ke Mereka. Dalam kondisi dingin, dari perjalanan dan beberapa warung banyak yang tutup. Akhirnya Lantip mau bikin menu Indomie rebus special.Special karena pakai telur orak-arik, irisan ayam goreng. Kebetulan masih punya ayam ungkep di frezzer jadi tinggal goreng saja. Sayurnya hanya pakai kol dan daun bawang. Wis ngono ae seneng.

Indomienya diplating di mangkok seperti orang jualan di warkop. Selain itu dari Magelang sudah bawa abon ayam dan babat ungkep( beli di  keponakan) . Buat Bapaknya tinggal gorengin babat bacem, nyambel bawang.

Makan malam bersama yang jarang kami lakukan, karena kendala Bapaknya dinas di Ternate.  Makan malam bersama di tahun baru jadi makin nyaman . 

4. Bikin Kopi  Buat Teman Melekan 

Kopi merupakan salah satu favorit minuman keluarga selain teh. Malam tahun baru ditemani kopi tubruk panas merupakan salah satu momen kebersamaan kami. 

Kopi robusta beli di pasar, kemudian digilingkan. Aroma kopi dan rasanya pahit asem ketika disesap membuat kebersamaan bersama keluarga semakin indah. Eh tapi kebersamaan sesaat, saat di ruang makan. Selepas itu asyik dengan televisi masing-masing. La Bapak dan anak selera fimnya Holywood seperti Avenger atau Spiderman, sedangkan Saya drama Korea. Ahahaha...

Selera film boleh beda asal seruputan kopinya sama Kopi robusta item. Hehehehe...

Biasanya sayalah yang bertugas memasak air sampai mendidih. Tugas menuangkan kopi ke gelas dan menyaring, Lantip dan Afif. Untuk ukuran gula juga beda sesuai selera masing-masing. Saya cukup 1 sendok teh, afif suka kopi iten dengan 3 sendok teh untuk semug kopi. Bapaknya pilih dicampur krim atau susu. Lantip pilih dengan tambahan 2 sendok teh gula.

Cemilan, kebetulan masih ada gethuk trio, wajik dan criping gethuk. Merekalah konco kopi di malam tahun baru.

5. Tidur Larut Malam

Sebenarnya dibilang larut, belum lewat jam 12 malam sih, Saya tidurnya. Kalau hari biasa jam 9 malam sudah tidur, malam tahun baru kemarin, jam 23:30 WIB baru tidur. Badan kelelahan di perjalanan jadi terasa pegal serta kaki kram.

Sedangkan anak-anak dan Bapaknya tidur menjelang Subuh. Mereka main dengan HP-nya. Entahlah main game atau WA dengan sahabat - sahabat mereka, Saya tak peduli. Yang penting Saya bisa istirahat, tidur nyenyak. Karena esoknya pasti akan disambut dengan pekerjaan Ibu rumah tangga dengan setumpuk cucian serta setrikaan. Maka bisa tidur nyenyak adalah anugrah terindah di malam tahun baru.

Itulah 5 kegiatan malam tahun baru 2021 di masa pandemi ini,yang Saya lakukan bersama keluarga. Tak ada gempitanya kembang api bahkan jauh dari raungan suara knalpot motor. Kalau kalian ngapain aja di malam tahn baru? 

No comments:

Post a Comment