Menjaga Daya Tahan Tubuh Di Musim Hujan

 

Sedia payung sebelum hujan

 

Hujan identik dengan  petrikor, kopi, teh hangat dan genangan air. Namun jika hujan terus menerus dan tak ada jeda maka akan membawa bencana dan mempengaruhi kesehatan. Seperti yang dialami di beberapa bagian kota Saya saat ini. Hujan lebat selama 3 hari berturut-turut menyebabkan di beberapa kampung banjir dan banyak genangan air. Sungai seakan tak muat menampung air, akhirnya meluber ke jalan.

Adanya genangan air, sangat disukai nyamuk. Saat banyak genangan air, beberapa penyakit akan muncul seperti flu, tenggorokan gatal atau gatal-gatal di kulit.

Musim hujan, daya tahan tubuh Saya jadi menurun. Dikarenakan dinginnya cuaca dan sering lembab. Dasarnya balungan sudah menua, kena angin sedikit saja, gampang masuk angin atau bersin-bersin.

Baca : Tips Naik Motor Saat Banjir

Supaya tetep produktif,  untuk menjaga daya tahan tubuh, saat musim penghujan. Berikut ini 7 hal yang Saya lakukan :

1. Menjaga Pola Makan

Saat musim hujan jagalah selalu pola makan. Sediakan makanan yang cukup bergizi, memenuhi empat sehat lima sempurna. Makanlah sayuran dan buah, kaya akan serat dan vitamin. Sebagai probiotik bisa dengan menambahkan minuman hangat terbuat dari jahe dan sere. Pengalaman Saya kalau badan sudah mulai terasa tidak enak, tenggorokan gatal, segera minum wedhang rempah. Maka tubuh akan terasa lebih baik. 

2. Kalau keluar selalu pakai jaket

Musim hujan, cuaca dingin dan angin kencang membuat badan kedinginan. Ketika keluar rumah naik kendaraan roda dua jangan lupa memakai jaket atau sweater.  Tak lupa pakai celana panjang untuk mencegah badan menggigil. Kalau perlu pakai kaos kaki.

3. Minum Vitamin dan Wedhang Rempah

Cuaca yang tak tentu, membuat daya tahan tubuhku sering drop. Biasanya tenggorokan  gatal-gatal dan terasa kering. Bila gejala ini timbul dan tak terlalu parah,  Saya akan mengonsumsi suplemen  Misalnya vitamin C atau mengunyah kencur. Ketika mengunyah kencur jangan tanya rasanya bagaimana. Tapi yang saya ingat ketika tenggorokan gatal, setelah mengunyah kencur, tenggorokan  terasa plong.

4. Tidur Yang Cukup Dan Minum Air Putih Hangat

Tidur adalah satu cara untuk memulihkan stamina bagiku. Tidur yang cukup, benar-benar istirahat tanpa memikirkan pekerjaan rumah dan lepaskan lelah jiwa raga dengan menikmati kasur di ranjang. Dengan pengantar membaca buku atau ngedrakor hingga lelap. Siang hari selepas masak, istirahatkan tubuh kurang lebih 1 jam, maka badan akan terasa segar. Yang tadinya letih lesu jadi semangat lagi. Dan jangan lupa perbanyak minum air putih, kalau Saya lebih suka air hangat.

5. Cuci Tangan Dan Pakai Masker

Setelah bepergian ketika masuk rumah, tak akan menyentuh makanan sebelm cuci tangan dan kaki. Jangan lupa cuci tangan pakai sabun untuk membunuh kuman yang nempel. Selain itu ketika keluar rumah jangan lupa pakai masker ya . Usahakan jangan terlau sering menyentuh hidung dan mulut dengan tangan sebelum cuci tangan.

6. Mandi Selepas Kehujanan

Segera mandi dengan air hangat, setelah kehujanan. Untuk mencegah agar kepala nggak pusing. Dan segera ganti baju yang basah kuyup dengan pakaian kering. Lalu minum segelas teh panas untuk menghangatkan badan.

7. Bersihkan Lingkungan

Musim hujan tiba, banyak air tergenang di mana-mana. Genangan air merupakan sarang empuk buat nyamuk .  ketika mendapati wadah ada genangan air segera bersihkan. Jangan lupa menguras kamar mandi seminggu sekali. Baju yang digantung sring jadi tempat nyamuk, ebihbaij jangan banyak menggantung baju. Lekas cuci pakaian dan taruh di dalam lemari.

Ketujuh hal tersebut yang Saya lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh  agar selalu sehat di musim hujan. 

No comments:

Post a Comment